Wednesday, April 20, 2011

DEFINISI KEYLOGGER DAN CARA MENGATASINYA

Hati-hati user name dan password anda dibobol dengan tool Keylogger. Setiap account di internet pasti memerlukan username dan password, keduanya adalah suatu hal yang paling rahasia dalam suatu transaksi di internet. Bahkan saking rahasianya, orang paling dekat pun tidak mengetahui usename dan password kita tapi tetap saja bisa kebobolan. Artikel kali ini penulis ingin mengetengahkan Definisi Keylogger dan cara mengatasinya


Definisi Keylogger adalah sebuah aplikasi kecil atau software yang berfungsi merekam semua informasi dari komputer lain yang sudah di instal atau ditanami keylogger , sehingga informasi penting apasaja atau aktivitas yang dilakukan pemilik komputer yang sudah ditanami keylogger bisa diketahui orang lain seperti password email, facebook dll.

Banyak sekali kejadian bahwa username dan password dari suatu account seseorang dibajak orang. Artinya kita tidak dapat lagi mengakses account kita. Pernah suatu ketika ada kejadian seseorang kenalan melaporkan bahwa account e-currency (pembayaran electronic), hilang sebesar US $ 500, atau sekitar 5 juta rupiah. Mungkin ia adalah korban pencurian password.

Mencuri username dan password seseorang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan software Keylogger. Apa itu keylogger?

Definisi Khusus Keyloger adalah software pencatat aktivitas yang kita lakukan di komputer. Apapun yang kita ketikkan di komputer, maka akan tercatat oleh keyloger tersebut. Dari kita menekan a-z, 0-9, kombinasi keyboard seperti ctrl+A dan lain-lain akan tercatat oleh keylogger. Keylogger akan mencatatnya dalam bentuk file teks, *.txt.

Cara kerja keyloger bersifat hidden (tersembunyi). Biasanya dia akan muncul di systray jika kita melakukan kombinasi keyboard (shortcut tertentu). Begitu kita menekan kombinasi keyboard, maka icon keylogger akan muncul di systray.

Cara Mengatasi keylogger
Cara mengatasi keylogger agar tidak berfungsi ialah :

1. Pastikan anda menggunakan “On-Screen Keyboard“ saat anda memasukan password jika anda login ke facebook atau email anda caranya :

* Klik Start Pilih Program > Accessories > Accessibility > On-Screen Keyboard. on screen keyboard
* Tempatkan kursor di kolom username dan password facebook.
* Masukkan username dan password facebook kamu dengan mengklik huruf/angka yang ada pada On-Screen Keyboard.

2. dengan cara menggunakan anti Virus terbaru ( karena anti virus terbaru atau antivirus yang bagus bisa membaca keylogger ini sebagai virus)

3. Atau anda bisa gunakan anti Keylogger.

Berhati-hatilah karena di dunia maya hal ini bisa terjadi pada siapapun usernya. Semoga informasi singkat ini bisa berguna dan bermanfaat.
Bagi anda yang ingin mengikuti artikel berikutnya silahkan isi kotak Follow by email dan artikel terbaru akan terkirim secara otomatis ke email anda.

Silahkan baca artikel terbaru lainnya :

No comments:

Post a Comment