Friday, July 23, 2010

TRIK MENCURI KODE WIDGET BLOG

Saat sobat-sobat blogwalking ataupun sekedar browsing ke blog ataupun website tetangga tentunya sering melihat widget yang keren dan menarik. Terkadang kita tertarik untuk memiliki widget tersebut tapi kita bingung dimana ya dapetin Kode HTML-nya? browsing sana sini ga dapet dapet. Mau tau Trik Mencuri Kode Widget Blog?

Oya review dikit Widget atau lebih mudah disebut aksesoris yang terdapat di bagian sidebar blog kita sebenarnya sebagian besar merupakan kode-kode HTML atau Javascript yang statis/bisa dipakai untuk blog lain, atau kalo tidak kita tinggal sedikit mengakali agar berlaku untuk kita. Trik Mencuri Kode Widget Blog ini sangat mudah dan tidak membutuhkan software khusus. Tertarik?.. silahkan disimak.

Artikel ini akan memberikan sedikit tips termudah gimana caranya “mencuri” kode widget blog temen kita yang sidebarnya berisi aksesoris yang menarik untuk kita miliki. Caranya :

1. Pada browser silakan dicari View source/View Page source, caranya untuk IE ( Internet Explorer ) silakan klik kanan halaman blog lalu cari View Source, untuk Mozilla Firefox bisa langsung dengan menekan tombol CTRL + U atau klik kanan View Page Source.

2. Kmudian secara otomatis akan muncul tab baru atau notepad yang berisi source kode dari blog tersebut. sebagai contoh :


Yup!! inilah kode-kode yang menyusun sehingga menjadi sebuah blog.

3. Oke kita beraksi sekarang, mulai cari dan curi kode blognya ( tinggal seberapa kreatifnya anda dan seberapa jelinya anda dalam mencari kode )

4. Sebagai bocoran, kode widget biasanya diawali dengan kode : dan diakhiri dengan kode : , lalu judul sidebar biasanya menggunakan kode :

judul/nama widget


5. Nah, tepat di bawahnya pasti kode dari widget tersebut, kita tinggal copy paste kode tersebut dan simpan script kode itu untuk kita pakai untuk blog kita. 
Ups takut lupa, jangan lupa sob kode-kode selalu diakhiri dengan …., jadi copas-nya jangan sampai ada yang ketinggalan. Selamat mencoba…. 

Bagaimana cukup praktis dan kreatif bukan?.. buat yang tertarik jangan lupa nyumbang komentar di bawah artikel ini yach.. semoga bermanfaat dan bisa mempersingkat waktu browsing sobat dalam mencari mencari widget tetangga.. Happy Blogging folks.. :)

silahkan baca juga artikel menarik berikut :

No comments:

Post a Comment