Thursday, July 15, 2010

ERA PENGENDALI ROBOT LEWAT PIKIRAN

Dunia teknologi robot terus berkembang mengikuti kreatifitas pembuatnya. Sebuah kabar dari tgdaily.com cukup membuatku terkejut. Sekelompok peneliti asal Northeastern University, Boston, Amerika Serikat mengerjakan antarmuka komputer yang bisa menerjemahkan sinyal dari otak lewat helm khusus. Era Pengendali robot lewat pikiran akan dimulai.

Teknologi ini adalah pada perangkat helmnya. Lewat helm yang dibuat, pengguna bisa mengirimkan perintah ke komputer, cukup dengan memikirkan perintah tersebut.


Para peneliti tersebut telah membuat pula program komputer khusus yang membagi layar menjadi empat kuadran. Dengan memandangi kuadran tertentu dalam jangka waktu yang cukup lama, komputer bisa mengenali kuadran yang bersangkutan.

Seperti dikutip dari TGDaily, 13 Juli 2010, Meskipun saat ini jumlah kontrol memang terbatas hanya pada empat pilihan. Akan tetapi, peneliti menyebutkan bahwa itu sudah cukup. Misalnya, bagi orang lumpuh yang ingin mengontrol kursi roda.

Peneliti juga mengklaim bahwa aplikasi yang mereka kembangkan juga bisa membantu mengontrol peralatan rumah tangga. Sinyal bisa dikirim secara wireless ke robot kecil untuk melakukan berbagai perintah yang bisa dimonitor oleh pengguna lewat jendela yang terpisah di layar komputer.

Penemuan yang mengagumkan ini jelas sangat bermanfaat. Meskipun masih sangat sederhana, ‘robot’ yang dikontrol lewat pikiran ini menarik untuk dikembangkan lebih lanjut. Bayangkan suatu saat Era Pengendali Robot lewat pikiran akan menjadi kenyataan.

No comments:

Post a Comment