Monday, May 3, 2010

ANALISA MENDAPATKAN PAGE RANK

Hari ini saya terkejut sekali bahwa salah satu blog yang saya miliki (memorabilia) memperoleh Page Rank setelah di check prchecker mendapatkan PR 3. Blog Memorabilia yang memiliki Alexa Rank di bawah Allien 99 ternyata memperoleh Page Rank lebih dulu di banding 'kakaknya' yaitu Allien 99. Padahal langkah-langkah untuk memperbesar peluang mendapatkan Page Rank terhitung sama. Dalam artikel ini saya mencoba membuat Analisa Mendapatkan Page Rank.

Berdasarkan beberapa penelitian, petunjuk, saran dan blogwalking saya mencoba langkah - langkah di bawah ini :
1. Mendaftar Google addurl
2. Mendaftar Google Webmaster Tool - peta situs
3. Mendaftar di Google Analytic
4. Melakukan ping
5. Bergabung dengan web direktori untuk menambah traffic
6. Bertukar Backlink dengan web lain
7. Bertukar komentar dengan blog ber-PR
8. Rajin membuat posting artikel berkala yang terindex google
9. Membuat inbound link (link masuk) dan outbound link (link keluar)

Hasil yang didapatkan :
Blog terindex Search engine Google dengan cepat
Pada tahap awal 2 blog saya terindex google dengan cepat hanya dalam waktu 1-2 Minggu tanpa ada satupun support backlink dari blog ber-PR atau Alexa Rank. Hanya dengan memaksimalkan manfaat dari point 1 - 4 diatas.

Blog memiliki Alexa Rank yang progresif
Selanjutnya saya menambahnya dengan memaksimalkan point lanjutannya (point 5 - 9). Hasilnya dalam waktu kurang dari 2 minggu blog telah memiliki alexa rank (sebelumnya No Data) dan alexa rank tumbuh semakin baik secara progresif dari hari ke hari (seiring makin banyaknya artikel).

Blog Memorabilia mendapatkan Page Rank 3
Setelah 3 bulan, Traffic Blog semakin membaik dengan semakin banyaknya kunjungan (blogwalking, silaturahmi, googling dll). Setelah di periksa prchecker hanya 1 blog yang mendapatkan PR yaitu Memorabilia sedangkan Allien 99 hasilnya N/A.

Analisa Mendapatkan Page Rank :
Sebelumnya saya heran kenapa cuma Memorabilia yang ber-PR, saya mencoba memahami cara kerja Page Rank

"Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10 (semakin besar semakin baik)."


Setelah di analisa ternyata memang Allien 99 mendapat traffic (hit) lebih banyak daripada Memorabilia, tetapi itupun tidak general, selalu berkisar pada 10 top artikel di Allien 99. Sedangkan Artikel Memorabilia di-hit lebih beragam/menyeluruh. Selain itu juga setelah ditelusuri ternyata banyak artikel di memorabilia di link oleh website lain, khususnya web direktori untuk list posting mereka. Ternyata pernyataan diatas ada benarnya.
Terlepas dari benar atau tidaknya analisa saya, mohon maaf bila ada kesalahan/kekurangan dan bilamana ada saran atau tanggapan positif saya sangat berterima kasih sekali.
Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan yang masih memperjuangan Page Rank dan bagi Allien 99. Wassalam.. :)

Check page rank anda :
Page Rank Checker : www.prchecker.info 
Page Rank Checker : www.prcheckingtool.com 

Artikel terkait dengan Page rank :
ping cara cepat index search engine
SEO dengan google webmaster tool
menambah backlink dengan web direktori
Connection Keyword dengan SEO
Kunci meningkatkan alexa rank      

No comments:

Post a Comment