Saturday, August 7, 2010

PERIKSA SECARA RUTIN BACKLINK BLOG

Dalam dunia blogging mungkin sobat-sobat mengenal istilah Tukar Link, Link Exchange, SPAM yang intinya dalah usaha menambah backlink baik secara legal negosiasi ataupun secara ilegal / tanpa ijin (lewat SPAM). Setiap blogger tahu bahwa backlink bisa menaikkan Pagerank Blog masing-masing di mata search engine.
Pada Artikel ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman dalam dunia tukar menukar link ini. Pada awal pertukaran link setiap blog biasanya memiliki rule masing-masing, penempatan link beserta kodenya. Setelah deal dan terpasang saran saya Periksa Secara Rutin Backlink Blog sobat dalam kurun waktu tertentu. Bisa dalam kurun waktu sebulan atau bila ada kesempatan. Kenapa? ini jawabannya..

Pada waktu awal link terpasang biasanya tidak ada masalah. Link terpasang sesuai kesepakatan kedua pihak baik yang mengajak maupun yang diajak bertukar link. Pokoknya Link aman dan tentram.
Saran Selalu Periksa Secara Rutin Backlink Blog ini dikarenakan dalam kurun waktu tertentu terjadi salah satu hal di bawah ini :


1.      Link sobat berpindah tempat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu
2.      Link anda terputus karena pihak Hosting Blog yang bersangkutan menutupnya sehingga terjadi Dead link.
3.      Terjadi Broken link karena kesalahan penulisan code script link pada blog teman anda.
4.      Link anda sengaja dihapus tanpa pemberitahuan dengan tujuan menaikan pagerank Blog yang bersangkutan.  


Keempat hal di atas pernah menimpa blog penulis ketika suatu waktu melakukan pemeriksaan Broken link dan kunjungan blogwalking ke blog sahabat. Rekan-rekan blogger yang menjunjung tinggi persahabatan dan nilai kesepakatan tetap menyimpan link blog ini pada tempatnya. Tapi beberapa blog ditemukan melakukan 4 hal diatas.
Akhirnya dengan terpaksa Link Blog merekapun saya hapus karena tidak fair terhadap blog ini, terutama untuk point 4 karena jelas-jelas merugikan Blog Allien 99 (Dead link dan Broken link). Sedangkan untuk point yang lainnya terkadang masih bisa diperbaiki dengan cara komunikasi antar blog.

Setiap blogger memiliki hak dan aturan sendiri untuk blognya masing-masing dan kita harus menghargainya. Termasuk menolak tukar link dengan alasan tertentu. Setiap blogger memiliki hak yang sama. Tetapi sebagai sesama blogger tentunya kita memiliki etika dalam dunia blogging bukan? setiap blogger tentunya menginginkan jalinan persahabatan sejati dan saling menghargai dalam artian sebenarnya.
Mohon maaf bilamana ada kesalahan dalam penulisan ini dan semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi sobat-sobat blogger dimanapun kalian berada.
Oya dibawah ini saya referensikan tool untuk memeriksa status backlink sobat dan juga beberapa artikel menarik lainnya.

Silahkan baca artikel berikut :
Periksa link balik dengan Reciprocal link checker
Periksa Link website dengan Broken link checker
Estimasi traffic keyword dengan Traffic estimation tool
Strategi keyword dengan Keyword suggestion tool
Metatags generator - SEO Trick
Menu statistik dari Blogger.com
4 cara mendapatkan traffic website
Menambah traffic dengan daftar search engine
Tips mempercepat terindex Google search engine

No comments:

Post a Comment