Friday, August 13, 2010

MENGENAL WEBSITE DAN BLOG

Penulis merupakan blogger pemula yang ingin mencoba menelaah tentang website dan blog. Mengenal website dan Blog merupakan dasar pemahaman untuk ditindaklanjuti kemungkinan pengembangan site dikemudian hari.
Bagi rekan-rekan yang lebih paham mengenai hal ini mungkin bisa memberikan tanggapan, masukan mengenai pengenalan dan perbedaan website dan blog yang ingin saya coba kupas di bawah ini.


MENGENAL WEBSITE
Website secara terminologi adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah halaman web adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP.


Website memiliki banyak keragaman dan lebih bersifat satu arah dan profesional. Bila sebuah website itu berisikan banyak berita terkini dan menjadi pusat segala informasi, maka website itu bisa dikategorikan dalam portal. Misalnya detik.com, vivanews, kompas.com dll


Website bisa pula bersifat komunitas. Website komunitas terbentuk dan diperuntukan bagi sekumpulan anggota yang mempunyai ketertarikan yang sama. Misalnya saja website kaskus. dll
Website umumnya berbayar alias tidak gratis, website juga konon lebih dipercaya search engine dan memiliki prestise lebih dibanding blog.


MENGENAL BLOG
Blog merupakan singkatan dari “web log“ adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Blog menginduk pada satu domain/website besar. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.


Blog umumnya lebih bersifat personal dan lebih mengarah pada sharing knowledge ataupun jalinan interaksi sesama blogger. Blog lebih ke metode penyampaian pemikiran, opini ataupun ajang kreatifitas. Hal ini tidak ada hubungannya dengan dimana blog itu berada. Misalnya di blogspot, wordpress, blogsome dll.


Perkembangan Blog dan istilah Niche
Perkembangan blog semakin maju dewasa ini, kreatifitas dan tujuan blog mengalami diversisikasi dari sekedar Blog personal dan opini. Blog mulai terkategori berdasarkan Niche yang dipilih kreatornya. 
Niche adalah istilah yang dipakai merujuk kepada sebuah topik atau subyek tertentu. Kebanyakan situs mencakup satu atau lebih niche. Contoh-contoh niche misalnya adalah olahraga, gosip, kesehatan, Blog trick, humor dan keuangan.


Menurut pendapat awam saya Blog pada dasarnya website juga, yang membedakan adalah kelas dan gengsinya. katakanlah Blog merupakan cikal bakal website profesional ataupun media pembelajaran website. 
Selain dari itu blog lebih bersifat pribadi dan pemiliknya bebas menuangkan buah pikirannya sesuai keinginannya. Sedangkan website umumnya lebih bersifat organisasi, badan usaha, lembaga dll, yang intinya lebih bersifat non personal, profesonal, profit oriented, tendensi dan brand image.


Allien99
Just ordinary Blogger


Silahkan baca artikel lainnya :
bermain dengan Buzz google
pencegahan dari penipuan di internet - SCAM
widget terpenting bagi blog sobat
menu statistik dari blogger.com
Mengenal tehnik SEO
memahami istilah SEO dengan SEO dictionary

No comments:

Post a Comment