Friday, December 31, 2010

CARA MENGUKUR SIZE DAN KECEPATAN LOADING WEBSITE

Maintenance blog ataupun website sering menjadi perhatian para blogger. Salahsatunya adalah mengetahui Cara mengukur size dan kecepatan loading website. Selain itu juga akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengetahui secara detail mengenai analisa script template pada blog yang sobat pakai. Fasilitas yang dipakai adalah Website speed check dari rapid website

Mengetahui jumlah total size dalam hitungan kilobyte, waktu dalam hitungan detik yang dibutuhkan loading template blog sobat secara keseluruhan, serta jenis komponen penyusun template, bertujuan agar anda dapat mengevaluasi script atau widget mana yang perlu dikurangi, dalam upaya optimasi percepatan waktu loading page demi performance template sobat.

Cara mengukur size dan kecepatan Loading blog atau website:
1. Masuk ke URL http://www.linkvendor.com/seo-tools/speedtester.html , tertulis
2. Ketikkan alamat URL blog anda, misalnya: http://jumper99.blogspot.com
3. masukan angka hasil penjumlahan

4. lanjutkan dengan klik Submit
5. Pada halaman berikutnya akan ditampilkan hasil antara lain:



Penjelasan :
·   Perhatikan tabel Speed, kolom Average Speed merupakan rata-rata kecepatan blog anda. Misalnya: 4,4s itu artinya waktu rata-rata yang dibutuhkan sekitar hampir 4 detik berdasarkan standar koneksi yang dipakai.
·   Data Volume: 208,04 kB artinya bobot data template secara global termasuk teks, gambar, output dari javasript dan load dari iframe yang mungkin ada dalam blog.
·   Size with HTML adalah data yang umum dianalisa dan digunakan dalam berbagai Speed Test tools template, Allien99 templatenya 84,66 kB. Menurut para master batas ideal dari template blog konon adalah 100 kb.
·   Kolom Estimated Load Time: waktu yang dibutuhkan sesuai jenis koneksi internet yang digunakan. Jenis modem UMTS : Universal Mobile Telecommunications System, adalah teknologi telepon genggam 3G yang ekonomis dan murah meriah. sedangkan jenis T3 merupakan modem super cepat, modem ini akan menampilkan laman dengan cepat dan sempurna.
·   Selanjutnya perincian unsur penyusun script yang ada dalam Template ditampilkan mulai CSS, JavaScript (termasuk PHP) dan file Image (termasuk animasi).

Penutup :
Sebagai saran kurangi pemakaian gambar dalam artikel juga pemakaian animasi GIF yang berlebihan Bila tetap ingin memakai pakailah seperlunya sesuai kepentingan (misalnya gambar tutorial diatas). Carilah keseimbangan antara kecepatan dan estetika yang diperlukan blog sobat. Terlalu berat membuat sulit dan malas diakses pengunjung dan bila terlalu sederhana mengurangi nilai estetika yang sedikitnya diperlukan.
Akhir kata semoga cara mengukur size dan kecepatan loading website ini bisa bermanfaat untuk dipergunakan sebagai analisa loading page pada blog rekan-rekan.

Silahkan baca artikel menarik lainnya :

No comments:

Post a Comment