Saturday, December 18, 2010

ANTARA HOBBY DAN BISNIS

Banyak rekan-rekan yang memilih bekerja sebagai satu-satunya mata pencaharian tapi banyak pula yang memilih berdikari total di jalur bisnis. Sebenarnya mana sih yang lebih baik diantara keduanya? Fokus pada pekerjaan atau Total pada Bisnis. Masalah lainnya adalah apa hubungannya Hobby dengan Bisnis. Sharing tulisan singkat ini mungkin bisa sedikit membuka hubungan antara hobby dan bisnis. Sedikit banyak artikel ini saya harap bisa sedikit bermanfaat bagi rekan-rekan yang berkunjung ke blog ini.


Pada umumnya bekerja pada suatu perusahaan maupun instansi merupakan prioritas utama bagi mereka yang mencari nafkah untuk kebutuhan sehari-hari. Kepastian penghasilan per bulan merupakan suatu hal yang menjadi daya tarik sang pekerja. Hal ini jelas berbeda dengan Bisnis atau mereka yang berwiraswasta, penghasilan sering mengalami fluktuasi naik dan turun.

Ada beberapa pemikiran yang penulis dapatkan dari pemikiran rekan-rekan di dunia offline yang dapat disimpulkan secara garis besar, yaitu :

  • Fokus bekerja bila mereka bekerja sebagai PNS di suatu Instansi pemerintahan, mereka merasa terjamin dengan gaji yang relatif besar dan jaminan jangka panjangnya (pensiunan dll)
  • Bekerja pada perusahaan swasta dan memiliki side job atau bisnis sampingan, hal ini didasari bahwa dewasa ini tidak ada jaminan bahwa bekerja di swasta dapat langgeng. Pilihan ini dibuat bila pekerja selalu dalam status pekerja kontrak dan kurangnya Jaminan atau tunjangan dari perusahaan (misal Jamsostek, asuransi dll). Sidejob disinis bersifat tambahan penghasilan dan cadangan penghasilan bila sewaktu-waktu kena PHK perusahaan
  • Total berwirausaha alias bisnis karena tidak ingin terikat pada perusahaan dan motivasi ingin mandiri. Hal ini dipicu latar belakang yang berbeda dan lebih didorong oleh kebutuhan hidup ataupun mengembangkan potensi pribadi.
  • Mengembangkan Hobby menjadi suatu bisnis yang menjanjikan, hal ini seringkali adalah cikal bakal suatu usaha yang menjadi sukses.
Dari ringkasan pernyataan diatas point Hubungan antara Hobby dan bisnis menarik perhatian penulis untuk sedikit mengupasnya. Bisnis is bisnis .. hobby is hobby.. awalnya banyak orang berpikir demikian, malah bisnis terkadang cuma ngabisin duit aja. Tapi ternyata bila dikembangkan Hobby bisa menghasilkan juga, bisa jadi duit. why not?.. asyik kan punya hobby yang bisa jadi duit..
Misalnya yang suka nge-net kenapa ga sekalian aja bikin warnet seperti dalam artikel strategi bisnis warnet atau yang hobby nge-game dalam Bisnis online poker zynga. Selain itu hobby lain seperti kolektor mainan ataupun Action Figure bisa menjadi bisnis yang menjanjikan seperti halnya Aldo dalam artikel Museum mainan anak era 80 dan banyak contoh-contoh lainnya yang tidak mungkin dituliskan satu persatu.

Intinya selain bakat hal terpenting dari suatu bisnis adalah Minat. Dan hal yang paling membangkitkan minat adalah Hobby.. Jadi kenapa tidak kita gali hobby kita untuk menjadi suatu usaha yang menjanjikan?
Selain itu suatu hobby jelas tidak akan membosankan bagi pelakunya bukan? suatu hobby jika dikelola dengan baik akan menjadi sumber pendapatan yang bukan hanya memberkan penghasilan tapi juga kepuasan.

Bagi rekan dan sahabat yang tertarik untuk bisnis dan berwirausaha mari kita gali hobby yang kita miliki untuk menjadi sumber pendapatan baru. semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat bagi rekan dan sahabat yang kebetulan membacanya. Salam.. :)

Baca artikel menarik lainnya :
Nostalgia dengan sepeda BMX
Tempat jual beli situs dan blog
Bisnis warnet bagi pemula
Nostalgia Film Indonesia Era 80-90    

No comments:

Post a Comment